Rabu, 25 Januari 2012

Perhitungan Tahanan Kapal dengan Metode Harvald

Perhitungan Tahanan Kapal

1.Data-data utama kapal
            Dalam perhitungan tahanan kali ini yang akan dihitung adalah tahanan total dari kapal MV.ESYHA yang menggunakan metode GULDHAMMER-HARVALD. Sedangkan ukuran-ukuran utama kapal yang nantinya akan digunakan untuk data-data perhitungan tahanan dari kapal tersebut adalah sebagai berikut :
Data kapal : MV.ESYHA
            Tipe kapal                    : Cargo
            Lpp                              : 94,5       m
            Lwl                              : 98,28   m
            B                                 : 19,00       m
            H                                 : 12,5         m
            T                                  : 8,5           m
            Cb                               : 0,678      
            Cp                               : 0,695
            Vs                                : 14.5 knot
Koefisien Blok ( δ )                                        =  0,699
Koefisien Penampang Tengah ( β )                 =  0.995
Koefisien Prismatik Longitudinal ( φ )           =  0,7025
·   Menghitung volume displacement
                  Ñ       = Cbdispl x Ldispl x Bmld x T
    = 0,664705882x 96,39x 19 x 8,5
                            = 10761,36516  m3
·   Menghitung displacement
D           = Ñ x rair laut
        = 10761,36516 x 1.025
= 11030,399 ton
·   Luas permukaan basah :
S       =  1,025 Lpp ( δ x B + 1,7 x T )
                           =  2647,4459 m2
·   Rasio Lebar / Sarat :

B/T = 19,00 / 8,5 = 2,2353

·   Vs     =  14,5 knot
=  7,453  m / detik
·   g       =  percepatan garvitasi standar
=  9,8   m / detik

2.Perhitungan tahanan
2.1 Menentukan Bilangan Froude dan Angka Reynold
2.1.1 Froude Number
            Fn        =   
                        = 
                        =  0,2402
2.1.2 Reynold Number
            Rn       = 
                        = 
                        =  6,16406 x 108

2.2 Mencari CF ( koefisien tahanan gesek )
         Koefisien tahanan gesek didapat dengan rumusan :
                        CF        = 
                                    = 
                                    =  1,627 x 10-3

2.3 Menentukan Harga Cr dari Diagram
          Cr atau tahanan sisa kapal dapat ditentukan melalui diagram Guldhammer – Harvald dengan hasilnya adalah sebagai berikut :


  1. Interpolasi Diagram
·        Perbandingan panjang dengan displacement kapal :
       =  = 4,28
·         Perbandingan lebar kapal dan sarat kapal :
       =  = 2,24
      Cpwl  =  φwl  =  0,66
      Fn  =  0,2402
·         Dari diagram 5.5.7 hal 120 ( Tahanan & Propulsi ) untuk  = 4,0 diperoleh perhitungan sebagai berikut :
Pada φ = 0,65 didapatkan 103Cr = 1,65
Pada φ = 0,70 didapatkan 103Cr = 1,84
Interpolasi untuk φ = 0,66 yaitu :
            103Cr   = 1,65 +
                        = 1,688
·         Dari diagram5.5.8 hal 121 ( Tahanan & Propulsi ) untuk  = 4,5 diperoleh perhitungan sebagai berikut :
Pada φ = 0,65 didapatkan 103Cr = 1,27
Pada φ = 0,70 didapatkan 103Cr = 1,53
Interpolasi untuk φ = 0,7025 yaitu :
            103Cr   = 1,27+
                        = 1,322
·         Maka interpolasi untuk  = 4,28 yaitu :
                  103Cr   = +
= 1,688 +

= 1,89
Cr  =


B .   Koreksi  CR terhadap B/T
B/T = 19/ 8,5                                                        
             = 2,24
Dengan rumus koreksi berikut :
103  CR      = 103  CR (B/T=2,5) + [ 0,16 ( B/T - 2,5 )]
                                    = 1,89+ [ 0,16 x (  2,24- 2,5 )]
                                    = 1,85
 CR            = 0.00185       

C.    Koreksi CR terhadap LCB
Dari diagram NSP diperoleh :
Lcb= 0.709 m (di depan midship)
Dari Gbr. 5.5.15 Harvald  hal. 130 diperoleh Lcb standard = -2 %
                     Δ LCB  = Lcb(NSP) – Lcb (standar)    
                                  = (0.74 – (-2))%
                                  = 2,74 % didepan Φ kapal


Karena Δ LCB berada di depan LCB standard, maka dilakukan koreksi terhadap harga Cr dengan menggunakan rumus:
103 C= 103 CR (Standart)  +                    
dengan melakukan pembacaan grafik 5.5.16 pada buku Tahanan dan Propulsi kapal A.Harvarld didapatkan hasil :
 = 0,75
sehingga dapat diperoleh :
103 C      = 1,85 + (0,75 x 2,74)
                        = 3,905
D.    Koreksi CR karena adanya anggota badan kapal
Dalam hal ini, yang perlu dikoreksi adalah karena adanya boss baling - baling, sehingga CR dinaikkkan 5 % saja.
103 CR   = (1 + 5% ) x 3,905                               
                  CR   = 4,1.10-3

E.     Koefisien Tahanan Tambahan
Jika melihat daftar pada “Sv. Aa. Harvald, Tahanan dan Propulsi Kapal”, hal 132 (5.5.24), adalah sebagai berikut :
Displacement
10000t                   CA   =          
100000t                 CA     =  0
     Maka diinterpolasi :
         103 CA    = 0,4 +
                        = 0,395
                CA    = 0,395 x 10-3


F.     Koefisien Tahanan Udara Dan Tahanan Kemudi
Koefisien tahanan udara :
      103 CAA      = 0,07
         CAA         = 0,07 x 10-3
                        Koefisien karena tahanan kemudi:
      103 CAS      = 0,04
         CAS         = 0,04 x 10-3            





2.4 Tahanan Total Kapal
·         Koefisien tahanan total
Koefisien tahanan total kapal atau CT dapat ditentukan dengan menjumlahkan seluruh koefisien-koefisien tahanan kapal yang ada:
   CT           = CR + CF  + CA  + CAA  + CAS
                  = (4,1+1,627 + 0,395 + 0,07+ 0,04 ) * 10-3
                  = 6,232 x 10-3
·         Tahanan total kapal
                        Dari data diperoleh :
                        Massa jenis air laut = r air laut = 1025 kg/m3
                        Luas permukaan basah = S = 2647,4459 m2
                        Kecepatan dinas kapal= v = 14,5 knots = 7,453  m/det.
                        Sehingga:
RT        = CT x ( 0,5 x r x v2 x S )
            = 6,232 x 10-3 ( 0,5 x 1025 x x 2647,4459)
                                          = 469,69 kN ,
Harga ini masih merupakan harga pada pelayaran percobaan.  (Sv. Aa. Harvald, Tahanan dan Propulsi Kapal, hal 133). Untuk tahanan kapal yang sesungguhnya yaitu pada saat kapal tersebut beroperasi harus ditentukan dulu rute pelayaran yang ditentukan. Misal rute pelayaran adalah BalikpapanJakarta - Surabaya sejauh (877 mil laut) mil laut. Dari kondisi karekteristik daerah pelayaran dinas kapal ini maka diambil harga tambahan untuk jalur pelayaran Asia Timur, yaitu sebesar 15-20%. Dalam perancanaan ini diambil harga tambahan sebesar 20%, sehingga :
                        RT (dinas)        = RT + 20 % RT
                                          = 469,69 + ( 20 % x 469,69)
                                          = 563,63 kN
(Sv. Aa. Harvald, Tahanan dan Propulsi Kapal, hal 249)



                  

4 komentar:

  1. Thanks telah berbagi ilmu.
    tapi saya kok tidak bisa melihat persamaan yg dalam berntuk image itu ya, ex:pers.Re Number.

    BalasHapus
  2. makasiih bagt omm uwdah berbagi ilmuu,,,semoga kita saama2 suces di bidang kapal

    BalasHapus
  3. apalah ini main tutup kok?

    BalasHapus

Silahkan masukkan komentar, saran, ataupun kritik yang membangun berkaitan dengan konten di blog ini