Kamis, 16 Februari 2012

International Ship and Port Facility Security (ISPS) Code

Kapal Internasional dan Port Facility Security (ISPS) Code adalah amandemen Keselamatan Life at Sea (SOLAS) Konvensi (1974/1988) di minimum pengaturan keamanan untuk kapal, pelabuhan dan lembaga pemerintah. Setelah mulai berlaku pada tahun 2004, ia menentukan tanggung jawab kepada pemerintah, perusahaan perkapalan, kapal personil, dan pelabuhan / fasilitas personil untuk "mendeteksi ancaman keamanan dan mengambil tindakan pencegahan terhadap insiden keamanan yang mempengaruhi kapal laut atau fasilitas pelabuhan yang digunakan dalam perdagangan internasional
Sejarah
The IMO menyatakan bahwa "The International Ship dan Port Facility Security Code (ISPS Code) adalah serangkaian langkah-langkah komprehensif untuk meningkatkan keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan, yang dikembangkan sebagai tanggapan atas dianggap ancaman terhadap kapal dan fasilitas pelabuhan di bangun dari serangan 9 / 11 di Amerika Serikat "(IMO).

Pengembangan dan pelaksanaan yang dipercepat drastis dalam reaksi terhadap September 11, 2001 serangan dan pemboman kapal tanker minyak Perancis Limburg. US Coast Guard, sebagai badan yang memimpin di Amerika Serikat delegasi Organisasi Maritim Internasional (IMO), menganjurkan untuk mengukur. [2] Kode itu setuju pada pertemuan 108 SOLAS penandatangan konvensi di London pada bulan Desember 2002. Menyetujui langkah-langkah di bawah Kode dibawa mulai berlaku pada 1 Juli 2004

Lingkup
Kode adalah dua bagian dokumen yang menguraikan persyaratan minimum untuk keamanan kapal dan pelabuhan. Bagian A memberikan persyaratan wajib. Bagian B memberikan bimbingan untuk pelaksanaannya. 

ISPS Code berlaku untuk kapal-kapal pelayaran internasional (termasuk kapal penumpang, kargo kapal-kapal dari 500 GT dan ke atas, dan mobile unit pengeboran lepas pantai) dan fasilitas pelabuhan yang melayani kapal-kapal tersebut. [3] 

Tujuan utama dari ISPS Code adalah: 

     * Untuk mendeteksi ancaman keamanan dan menerapkan langkah-langkah keamanan 
     * Untuk menetapkan peran dan tanggung jawab tentang keamanan maritim bagi pemerintah, pemerintah daerah, industri kapal dan pelabuhan di tingkat nasional dan tingkat internasional 
     * Untuk menyusun dan menyebarluaskan informasi yang berhubungan dengan keamanan 
     * Untuk menyediakan metodologi untuk penilaian keamanan sehingga ada di tempat rencana dan prosedur untuk bereaksi terhadap perubahan tingkat keamanan

Persyaratan
Kode tidak menjelaskan langkah-langkah spesifik bahwa setiap pelabuhan dan kapal harus ambil untuk menjamin keselamatan fasilitas melawan terorisme karena banyaknya jenis dan ukuran dari fasilitas ini. Sebaliknya itu menguraikan "standar, kerangka kerja yang konsisten untuk mengevaluasi risiko, memungkinkan pemerintah untuk mengimbangi ancaman perubahan dengan perubahan dalam kerentanan untuk kapal dan fasilitas pelabuhan." 

Untuk kapal mencakup kerangka persyaratan untuk: 

     * Kapal rencana keamanan. 
     * Kapal petugas keamanan 
     * Perusahaan petugas keamanan 
     * Beberapa peralatan onboard 

Untuk fasilitas pelabuhan, persyaratan meliputi: 

     * Port fasilitas rencana keamanan 
     * Port petugas keamanan fasilitas 
     * Beberapa peralatan keamanan 

Selain persyaratan untuk kapal dan fasilitas pelabuhan meliputi: 

     * Pemantauan dan mengontrol akses 
     * Memantau kegiatan orang dan kargo 
     * Memastikan keamanan komunikasi sudah tersedia


Nasional pelaksanaan 
[sunting] Amerika Serikat 

Amerika Serikat telah mengeluarkan peraturan untuk memberlakukan ketentuan UU Keamanan Transportasi Maritim tahun 2002 dan untuk menyelaraskan peraturan domestik dengan standar keamanan maritim SOLAS dan ISPS Code. Peraturan-peraturan ini ditemukan dalam Judul 33 Code of Federal Regulations, Parts 101 melalui 107. Bagian kapal berisi 104 peraturan keamanan, termasuk beberapa ketentuan yang berlaku untuk kapal asing di perairan AS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan masukkan komentar, saran, ataupun kritik yang membangun berkaitan dengan konten di blog ini